Kamis, 26 November 2015

Chemical Enterpreneurship and Sharing Session

http://robust-chemical.com/lemari-asam-fume-hood-based-on-wooden-structure/ - HMDK (Himpunan Mahasiswa Departemen Kimia) dan IMTK (Ikatan Mahasiswa Teknik Kimia) berkolaborasi menyelenggarakan acara CERES (Chemical Enterpreneurship & Sharing Session).

Acara yang bertajuk "Enlightening Your Future Chemical Career" ini terdiri dari tiga sesi dan berlangsung dari pukul 09:00 hingga 13:30 WIB. CERES, yang fokus pada pembahasan dunia pascakampus, menghadirkan tiga orang narasumber, yakni Bapak Almustasar Amir selaku CEO dan pemilik dari PT. Rajawali Mandiri Conveyor, Bapak Kurniawan Rahardjo selaku Direktur Utama Perta Daya Gas, dan Yogie Setiafriawan selaku Country Workforce Planner di The Dow Chemical.

Acara berlangsung meriah dimulai dari penyampaian materi oleh Bapak Almustasar. Beliau bercerita tentang pengalamannya ketika masih berkuliah dan bagaimana Beliau merintisnya karirnya sebagai pengusaha. Peserta dibuat terkejut ketika disela-sela penyampaian materi teman kuliah Bapak Almustasar sekaligus ketua Ikatan Mahasiswa Teknik Gas dan Petrokimia 89, Bapak Ibnu, datang dan ikut menyampaikan materi. Salah satu poin penting yang dikemukakan oleh kedua narasumber adalah untuk menjadi pengusaha dibutuhkan persiapan yang matang. Persiapan yang matang ini lah yang hendaknya kita rintis semenjak menjadi mahasiswa.

Sesi kedua adalah penyampaian materi oleh Bapak Kurniawan Rahardjo. Mirip dengan Bapak Almustasar, Pak Kurniawan juga memulai materi dengan memperlihatkan foto-fotonya ketika kuliah dulu. Selanjutnya, Beliau menjelaskan pengalamannya dalam merintis karir hingga menjadi Direktur Utama Pertadaya Gas.

Sesi terakhir diisi oleh Yogie Setiafriawan. Bapak Yogie adalah narasumber yang berprofesi di bidang HRD. Beliau menjelaskan berbagai kriteria sumber daya manusia yang diinginkan perusahaan, terutama Dow, dan apa yang sebaiknya mahasiswa lakukan untuk mempersiapkan kriteria-kriteria tersebut. Acara cukup menarik karena Mas Yogie sempat melakukan peragaan di depan peserta, seperti cara bernegosiasi gaji dan melakukan interview.

Acara CERES ditutup dengan penyerahan plakat kepada tiga narasumber. Selain itu, narasumber dan peserta juga befoto bersama. Peserta yang mengikuti CERES kemudian menukar kupon makan siang yang diperoleh ketika melakukan registrasi dan mengambil sertifikat.

Hingga acara selesai, CERES berlangsung dengan cukup lancar. Meskipun ada satu atau dua hambatan, hal tersebut tidak terlalu menganggu jalannya acara. Semoga saja tujuan dari acara CERES ini tercapai dan bisa membuka pikiran para peserta tentang dunia pascakampus nantinya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar