Kamis, 18 Juni 2015

Peranan Ilmu Kimia Lemari Asam

Ilmu kimia lemari asam sangat berperan bagi seluruh aspek yang ada di dunia, ilmu kimia dapat menyelesaikan masalah global yang selama ini biasa kita lihat. Karena sebenarnya ilmu kimia itu ada di sekitar kita, dan sangatlah dekat dengan kita. Bahakan diri kita bisa juga sebagai bagian dari kimia. Nah berikut merupakan contoh peranan ilmu kimia dalam menyelesaikan masalah global/umum dalam bidang masalah global dalam hal lingkungan hidup dan krisis energi.

Bahan Bakar
Bahan Bakar yang kita kenal selama ini merupakan bensin, solar, gas, dll, namun bila anda ketahui, bahkan bakar tersebut merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbarui. Jikapun dapat sangat memerlukan waktu yang sangat-sangatlah lama, karena bahan bakar seperti minyak bumi ini berasal dari fosil-fosil yang sudah berumur ratusan tahun lamanya. Dalam penanganan ini, ilmu kimi sangatlah berperan dalam penghematan maupun sebagai energi alternatif pengganti BBM (bahan Bakar Minyal) Contoh sumber energi alternatif misalnya alkohol, energi nuklir, geotermal (panas bumi) atau energi matahari yang terbatas.

Teknologi Biogas
Kotoran ternak menjadi sebuah hal yang sangat menganggu keindahan, karena baunya, dll. Selain itu bila tidak dibersihkan dapat menjadi sumber penyakit yang membahayakan kesehatan manusia. Namun dengan ilmu kimia, hal seperti ini dapat dijadikikan teknologi biogas yang dapat menjadi sumber energi bahan bakar alternatif, permasalahan tersebut, dapat diatasi, dimana kotoran hewan tersebut diolah hingga bermanfaat bagi manusia. Pembuatan biogas menggunakan bahan baku kotoran hewan/ternak yang dibubur halus menjadi butiran kecil dan dicampur air, dan diolah menggunakan ilmu kimia. Sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai sumber energi, misalnya untuk lampu penerangan maupun untuk memasak, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar